16 Oktober 2008

Antara "Kopi dan Halal Bihalal" di Darat

Kopi darat, merupakan istilah yang ngetop jaman breaker HT dulu. Mungkin sekarang pelakunya rata-rata udah berumur 40-an. Kini istilah kopi darat (kopdar) masih sering digunakan dalam jumlah yang terbatas. Tidak terkecuali di jagat maya. Biasanya yang memakai istilah ini berbanding lurus dengan umur dan aktivitas online-nya. Uzur+senior. :)

Kopi darat menunjukkan pola interaksi karena adanya suatu persamaan—entah hobi, profesi, geografis, atau apapun. Ujungnya akan lahir komunitas tersendiri, secara defacto atau dejure. Ada yang tumbuh menjadi komunitas yang solid dan konkret. Ada yang berakhir di dunia wacana dan “kopi-kopi”. Ada yang menunjukkan kepedulian lewat gerakan seribu buku, donasi, orangtua asuh, atau pelatihan gratis. BBC quo vadis?

Kenyataan bahwa kita makhluk sosial yang konkret menjadi sebabnya. Meski udah kenal karib di udara online, tapi tetap merasa perlunya ketemuan offline. Meski sudah sering ketemu di ruang milis+forum+chat, halal bihalal offline tetap diperlukan. Momen lebaran makin menambah kadar wajibnya. Karena kita bukan makhluk online maya. :)

Berkat dorongan dan inisiasi Freddy akhirnya distribusi undangan halal bihalal menyengat sebagian besar member BBC. Thanx Dian. Lho!

Terasa beda pertemuan kali ini, karena BBC-ers dituntut untuk narsis. Yup, momen halal bihalal kali ini dimanfaatkan Tribun Pontianak untuk meliput aktifitas komunitas BBC (atau sebaliknya liputan Tribun Pontianak mengenai BBC dirangkai halal bihalal hehehe). Untuk siaran pandangan matanya dapat dipelototi di sana (gaya penulisan kontemplatif ala Pipiew).


Bukan, ini bukan foto malam halal bihalal kemarin. Foto ini diambil saat kopdar dwimingguan (02/03). Maaf, baru sempat diupload sekarang. :)



Ini baru foto-foto kopdar tersebut versi berdiri. Minus BBC-wati. :)

 
Ini versi duduk. Lebih sopan narsis kayaknya. Hehehe.
Stop Press:

- BBC (Business) mengundang rekan bergabung di milis entrepreneur. Dengan tuan rumah mbak Louise, silakan gabung. Boleh, boleh, boleh.
- Laskar Pelangi mulai naik tayang hari ini di 21 Pontianak. Yang berminat "kopi darat" bareng Andrea Hirata, jangan sampai kecolongan. :)

4 Please Share a Your Opinion.:

  1. Anonim7:06 AM

    horee..masuk blog lagi..:p thx bg, teteup semangat BBC-ers!!

    humm..belum dapet tiket Laskar Pelangi, hiek..

    BalasHapus
  2. saya baru sempat browsing browsing nih bang :) btw makasih banget yah bang dah mau datang ke acara itu. tanpa abang suasana jelas akan terasa hambar.

    BalasHapus
  3. Pipiew: Buruan nonton Fi. 100 % ga nyesal lho. :)

    Freddy: Thanx atas inisiasinya Pak. Jadi terharu.:)

    BalasHapus
  4. Anonim1:42 PM

    Wueeh... Komunitas Blogger Pontianak masuk koran nih..?? hwahaaa mantab boss :)

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar anda.