10 Februari 2014

Flappy Bird; Ternyata Game itu Tidak Mesti Rumit, yang Penting Sulit!

flappy bird, game sederhana yang rumit

Penasaran itu adalah dasar ilmu pemasaran. Semakin penasaran seseorang, maka semakin mudah memasarkan padanya. Apapun produknya. Tak terkecuali dengan game satu ini: Flappy Bird. Dan, saya obyeknya. Penasaran dengan hiruk pikuk perbincangan di sosial media, saya mendownload-nya. Tak lama memainkannya, saya mengambil kesimpulan: permainan ini dibuat dengan “main-main”. Grafis sederhana, tanpa efek dan monoton. Dan, saya ingin segera meng-uninstallnya. Meski belum kesampaian. Masih penasaran soalnya.

Itulah Flappy bird. Kini mengguncang dunia online, khususnya jagat game android. Puluhan juta orang mengunduhnya. Lebih dari setengah miliar rupiah perhari pundi Dong Nguyen, sang kreator, terisi. Tak ayal pencapaian ini membuat kaget para developer game canggih.

Ya, dengan grafis yang sederhana dan koding yang tidak terlalu njelimet, lahirlah Flappy Bird. Sangat teramat sederhana untuk ukuran game di era smartphone ini. Bahkan bila perbandingan head to head mundur dua dekade sebelumnya, Mario Bross lebih unggul kiranya.

Semua kecele. Programmer, gamer, bahkan mungkin google play sendiri. Game yang teramat sederhana ini mampu mencuri perhatian jutaan pengguna android. Ketidakyakinan kritikus terhadap booming game di waktu yang teramat singkat plus bumbu gemuruh kontroversi justru makin melambungkan popularitas Flappy Bird. Puncaknya, saat PewDiePie dalam videonya yang ditonton hampir 8 juta orang melarang memainkan game ini: FLAPPY BIRD - DONT PLAY THIS GAME!


Kesederhanaan adalah puncak dari kerumitan (Da Vinci)

Bila kita mau membuka hati dan menutup mulut, resep sukses melambungnya permainan burung ini justru karena antitesa dari game top lainnya. Permainan sederhana, monoton, dan yang paling penting: sulit dimainkan. Setiap orang mati-matian berbagi kerisauannya menaklukkan game Flappy Bird. Dari hal terakhirlah efek viral lahir menggetuk dan menular ke seantero maya.

Kesuksesan game flappy bird ini agak rumit diformulasikan oleh ilmu marketing. Yang jelas, kehebohan itu tak akan terjadi bila Dong Nguyen tak membuat game ini. Dan, kisah sukses developer game dari Vietnam ini meraup dolar saya yakin tidak berhenti. Bahkan boomingnya baru mulai dari sini. Indonesia berikutnya.

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar anda.